Home » » 2 Cara Mudah Menghapus/Memblokir Iklan Pada Android Terlengkap

2 Cara Mudah Menghapus/Memblokir Iklan Pada Android Terlengkap


Bagaimana cara untuk menghapus/memblokir iklan yang mengganggu pada android dengan dua cara mudah: Root(dengan aplikasi AdAway) Tanpa Root(dengan aplikasi AdBlock plus)
Cara blokir iklan pada android

Harus saya akui,sekarang ini os android adalah ponsel yang sedang booming saat ini.Hampir tiap-tiap orang di indonesia pasti memiliki ponsel canggih ini.

Kecanggihan android bahkan hampir menyamai perangkat komputer(PC) lhoo.Pasalnya,setiap fitur pada ponsel android merupakan hasil replika dari komputer,hanya saja lebih di minimalis.

Salah satu yang paling sering di gunakan pada android adalah kecanggihan aplikasi dan gamenya.Seperti di atas,kecanggihan aplikasi dan game android hampir menyamai PC cuma lebih minimalis.Banyak sekali aplikasi dan game yang bisa anda download melalui playstore,ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Tapi pernahkah anda,ketika sedang asik-asiknya Chatting atau nge game tiba-tiba ada iklan yang nongol dan mengganggu keasikan anda? Entah itu di pojok,di atas,atau yang paling parah iklan yang berada di tengah-tengah layar?! Tentu sangat mengganggu kan?

Iklan-iklan yang muncul tersebut,disebabkan karena para pembuat/vendor menyisipkan iklan pada sebuah aplikasi dan game untuk mempromosikan produk atau layanan,Biasanya sih aplikasi "gratisan" yang disisipi iklan.
Baca juga: Download 9 Aplikasi sosial media untuk android yang wajib kamu miliki di tahun 2016

Nah,karena masalah itulah yang membawa anda untuk membaca artikel ini,iya kan? Kalau iya,bararti anda membaca artikel yang tepat.Karena saya udah terlalu banyak ngomong,ada baiknya kita langsung saja bahas 2 cara mudah menghapus/memblokir iklan pada android dengan atau tanpa root.


Cara menghapus/memblokir iklan dengan root(menggunakan AdAway)

Cara pertama ini terbilang sangat ampuh untuk memblokir iklan pada android.Mengapa? Karena dengan cara ini,anda dapat menghapus/memblokir iklan secara permanen.Perlu anda ketahui,syarat utama untuk cara ini adalah root,hp android anda wajib diroot untuk mengoptimalkan pemblokiran iklan.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menghapus/memblokir iklan dengan root secara permanen:

• langkah pertama,anda harus mengatur setelan pada android anda,Tepatnya pada unknow resource/sumber tidak dikenal.Begini Caranya: Masuk ke pengaturan>lalu pilih keamanan/security>terakhir,silahkan anda centang "sumber tidak dikenal/unknow resource">selesai.
Centang unknow resource/sumber tidak dikenal

• langkah kedua,untuk pemblokiran iklannya akan digunakan sebuah aplikasi yang bernama AdAway.Aplikasi ini bekerja dengan cara memasukan file host ke perangkat android,tenang!! Ini tidak akan mempengaruhi kinerja android anda.

• untuk mendownload aplikasi AdAway,anda harus mendownload aplikasi F-Droid terlebih dahulu>download F-Droid disini.Jika download sudah selesai,sekarang anda cari file(F-Droid.Apk) pada penyimpanan file android anda,jika sudah ketemu tap dan install aplikasi tersebut.

• jika sudah terinstall,silahkan anda jalankan aplikasi F-Droid tersebut.Nah,sekarang anda cari aplikasi AdAway nya,jika sudah ketemu silahkan download dan install.

• jalankan aplikasi AdAway dan ijinkan aplikasi ini untuk mengakses root android anda.Sekarang anda tinggal pilih download files and apply ad blocking,tunggu AdAway memodifikasi host file android anda untuk memblokir iklan.Jika prosesnya sudah selesai,silahkan restart android anda.

Jika proses restart sudah selesai,iklan yang tadinya muncul pada browser,Aplikasi,maupun game akan hilang dan dihapus secara permanen.Dan untungnya,anda tidak perlu menjalankan aplikasi AdAway ini lagi untuk memblokir iklan,dihapus juga boleh dan jangan lupa untuk menghilangkan tanda centang pada setting sumber tidak dikenal/unknow resource tadi untuk menjaga keamanan android anda.  Moga berhasill!! :D

Cara menghapus/memblokir iklan tanpa root(dengan AdBlock plus)

Cara kedua ini dapat dibilang lebih praktis dari cara pertama,karena anda tidak perlu memiliki akses root.Tapi,kelemahan terbesar pada cara kedua ini adalah anda harus selalu menjalankan aplikasi AdBlock plus ini tiap anda ingin memblokir iklan,artinya jika anda tidak menjalankan atau menghapus aplikasi ini,maka iklan pada aplikasi,browser,dan game akan muncul lagi,Jadi sifatnya hanya sementara(lebih mudah cara mengerjakanya,lebih kecil juga hasilnya..IYA GAKK!! Hehe :D )
Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menghapus/memblokir iklan tanpa root dengan aplikasi AdBlock plus:

• sama seperti cara pertama,anda diharuskan untuk mencentang sumber tidak dikenal/unknow resource pada setting(jika belum paham,baca lagi yah di atas..hehe)
• Silahkan anda download aplikasi AdBlock plusnya>Download AdBlock plus disini.Jika sudah,instal lah seperti yang saya terangkan di cara pertama.
• Jalankan aplikasi AdBlock plus nya,Silahkan anda rubah ke ON pada menu Filltering.AdBlock akan mengkonfigurasi pengaturan proxy android anda secara otomatis untuk memblokir iklan.
• Selesai deh.
Mudah kan? Tapi ingat,anda harus menjalankan aplikasi AdBlock plus ini setiap anda ingin memblokir iklan. Good Luckk!! :D


#Di cara pertama anda diwajibkan untuk meroot android anda,tentunya akan menambah waktu yang diperlukan untuk memblokir iklan.Dan sisi baiknya,hp android anda akan bebas dari iklan-iklan menggangu secara permanen,anda pun boleh menghapus aplikasi AdAway nya jika proses prmblokiran iklan sudah selesai.Namun jika mengembalikan android anda ke setelan pabrik(Reset Factory) maka anda harus mengulangi cara pertama ini dari awal.
Baca juga: Cara aman & lengkap sebelum mengembalikan android anda ke setelan pabrik supaya datanya tidak hilang 
#Di cara kedua,anda tidak memerlukan akses root untuk memblokir iklan.Dari kepraktisan inilah kekuranganya,yaitu anda wajib untuk menjalankan aplikasi AdBlock plus nya untuk memblokir iklan(Sifatnya sementara)

Okelah mungkin cukup sekian artikel tentang 2 Cara menghapus/memblokir iklan pada android dengan atau tanpa root.Kedua cara di atas sudah terbukti berhasil,namun jika anda menemui masalah silahkan tanya pada kolom komentar.

Artikel ini bermanfaat? Jika iya,tolong bantu share yah siapa tau orang lain juga membutuhkan :D

19 komentar:

  1. ini yg ane cari-cari selama ini
    thanks gan sdh berbagi infox

    BalasHapus
  2. makasih banyak yaa gan tutorialnyaa...
    ijin nyoba buat hape anee hehe
    ane juga kadang" kesel kalau iklannya tiba" muncul pas lagi browsing -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan gan..kalau ada kendala tanya saja disini..

      Hapus
  3. Berarti cara yang pertama yang paling bagus ya gan.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya lah..cuma hp androidnya harus udah di root..

      Hapus
  4. waw gt y...
    udh tau caranya skg.
    mksh kang.

    BalasHapus
  5. ini juga bisa menghilangkan iklan pada aplikasi ga gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi,browser,dan game bisa semua gan..

      Hapus
  6. sering jadi di hp gue,,,nih,,,hbs baca artikelnya gue coba eh langsung bisa..thanks gan

    BalasHapus
  7. thanks gan. kesel banget klo lgi browsing malah banyak iklannya

    BalasHapus
  8. thanks gan. kesel banget klo lgi browsing malah banyak iklannya

    BalasHapus
  9. Mantap gan, ini yang sedang saya cari dan nemu di blog agan, makasih ya gan atas infonya

    BalasHapus

berkomentarlah secara sopan dan relevan yah..
Terimakasih :D